Tuesday 21 December 2010

Indahnya Sunset di Ratu Boko

Aku pernah mendengar dari seorang teman bahwa sunset di Candi Ratu Boko tak kalah indah dengan sunset di Kuta Bali. Penasaran akan hal itu, hari Jumat sore, 6 Agustus 2010, aku ingin melihat dengan kepala sendiri bagaimana indahnya sunset di Candi ratu Boko. Berbekal kamera Canon kesayanganku (cuma satu-satunya, makanya di sayang), aku berangkat menuju lokasi. Candi Ratu Boko terletak di sebelah timur kota Jogja dan berjarak kurang lebih 25 km dari kota Jogja. Bila kita berjalan dari kota Jogja, maka sesampainya di pertigaan pasar Kalasan kita belok ke kanan. Dari situ akan ada papan petunjuk arah menuju candi tersebut. Sepanjang jalan menuju ke candi terdapat rumah-rumah penduduk sekitar. Suasana sejuk dan asri terasa jelas. Candi Ratu Boko terletak di perbukitan, untuk sampai ke sana kita harus melewati jalanan sedikit menanjak.

Pukul 17.30 WIB aku sampai di sana.

“masih bisa dapat momen sunset nih”, pikirku dengan semangat.

Sebelum memasuki wilayah candi, kita diharuskan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000. Bila kita membawa kamera, maka kita harus membayar uang tambahan sebanyak Rp 5000/kamera. Berhubung aku ke sana memang untuk tujuan hunting foto, terpaksa deh bayar Rp 5000 tambahannya. Dari gerbang tiket kita masih harus menaiki beberapa lapis anak tangga untuk menuju lokasi yang dimaksud.

Cuaca sore itu sedikit berawan yang membuatku was-was, bisa ga ya melihat sunset yang katanya begitu indah. Sesampainya di palataran candi, kita bisa memandang jauh ke bawah. Ya, kota Jogja kelihatan dari sini. Begitu indah karena langit dihiasi dengan kuningnya matahari yang akan tenggelam. Seandainya awan tidak menyelimuti sebagian tubuh matahari sore itu, mungkin pemandangannya akan lebih indah lagi. Tapi ga apa-apa, berhasil melihat sunset di Candi Ratu Boko dengan kepala sendiri saja sudah senang.

Langit berubah gelap begitu cepat setelah matahari perlahan menghilang di ufuk barat. Lampu di kota Jogja mulai menyala satu persatu, sehingga menjadikan momen yang indah juga untuk membuat foto dari atas candi. Bagi pecinta fotografi, momen-momen seperti itu merupakan momen emas untuk mengambil foto. Bila Anda belum pernah ke sana, sudah saatnya Candi Ratu Boko menjadi salah satu prioritas untuk hunting foto.

cerita ini pernah diterbitkan di blog lama http://misterdee.co.cc/ tanggal August 16, 2010




No comments:

Post a Comment