Friday 8 April 2016

Apa itu Panama Papers?

Kalo kalian ngikutin berita di media, baru-baru ini muncul isu mengenai Panama Paper yang menghebohkan dunia, sampai-sampai Perdana Menteri Islandia mundur dari jabatannya karena terkena isu ini. Istilah itu mungkin asing di telinga kalian. Terus apa sih Panama Paper itu?

Bagi kalian yang bingung dengan apa itu Panama Paper, berikut penjelasannya:

Katakanlah kamu menyimpan uangmu di dalam celengan yang kamu letakkan di dalam lemarimu.



Namun, ibumu terus-menerus memeriksa seberapa besar kamu menabung dan memaksa kamu untuk memberi sumbangan setiap kamu memecahkan celengannya (ini pajak).


Kamu tidak menyukai hal itu.


Jadi kamu membeli celengan baru.



dan meletakkannya di rumah Johnny. (ini offshore investment)



Ibu johnny sibuk. Ia tdiak memeriksa celengan. Jadi kamu bisa dengan sembunyi-sembunyi menyimpan tabunganmu di sana tanpa diketahui orang lain.



Anak-anak di sekitar rumahmu juga berpikir jika itu merupakan ide yang baik.



Jadi mereka juga meletakkan tabungan mereka di lemari Johnny.



Namun suatu hari ibu Johnny mengetahui soal celengan-celengan (ini accidental audit) lengkap dengan tulisan nama pemiliknya (inilah Panama Paper).



Ia marah dan memanggil semua orang tua untuk mengatakan anak-anak telah menyembunyikan uang mereka.



Pada dasarnya itu lah yang terjadi saat ini saat dokumen-dokumen bocor, banyak orang penting dan berpengaruh menyimpan celengan mereka di rumah Johnny di Panama.



Tidak semua orang melakukan hal yang buruk. Contohnya, kamu hanya menginginkan privasi dari ibumu. 

Namun tetanggamu Michael mencuri uang dari dompet ibunya dan menyembunyikannya di lemari Johnny, dan Jacon mencuri dari uang makan siang orang lain dan tidak ingin orangnya tahu dari mana datangnya uang itu (ini money laundering). Sedangkan Badu mengisi celengannya dari hasil berjualan es lilin di sekolah tanpa seijin ortunya yang menginginkannya fokus pada sekolah (ini illegal business).


Lambat laun kita akan tahu siapa yang melakukan ini untuk alasan yang buruk dan yang mana yang tidak.



Namun semua orang yang menyembunyikan celengannya di dalam lemari Johnny berada dalam masalah saat ini, karena tabungan rahasia tidak dibenarkan.





sumber:
http://www.vox.com/2016/4/4/11361780/the-panama-papers-cartoon

No comments:

Post a Comment