Saturday 9 April 2016

Ga Ada yang Gratis, Kencing Aja Bayar

Pernah ga sih kamu denger kalimat begini, ga ada yang gratis di dunia ini, kencing aja bayar. Nah fenomoena kencing aja harus bayar itu ga cuma terjadi di Indonesia lho. Bahkan sampai di beberapa kota di Inggris yang pernah aku kunjungin, Paris, dan juga Brussel, harus bayar kalau mau masuk WC. Bedanya WC umum di luar negeri bener-bener terawat. Ya ga semua WC umum di Indonesia parah sih, ada juga yang terawat dengan baik, terutama yang di mall.

Ngomong-ngomong soal WC umum di mall, beberapa waktu yang lalu aku sempet jalan-jalan ke salah satu mall di dekat stasiun di kota Liverpool, Inggris, mau masuk WC aja juga harus bayar. WC umum di stasiun dan taman-taman umum pun mewajibkan kita bayar. Kisaran harganya beda-beda mulai dari 20 pence hingga 40 pence, bahkan di stasiun Bruxeles Midi di kota Brussels kita harus bayar 50 cent Euro. Hmm coba deh kamu convert ke rupiah (ciaah lagi-lagi convert). Coba murahan mana bayar WC di Indonesia dan di luar negeri? Ambil contoh 50 cent Euro, dengan kurs Rp15.000 per Euro, berarti buat sekedar kencing aja kita harus bayar Rp7500. Bandingin dengan di Indonesia yang maksimal Rp2000. Sekali kencing di Eropa bisa buat kencing 4 kali di Indonesia (detail amat bandinginnya). Bener ga? gitu aja kita masih sering ngeluh, mahal amat kencing Rp2000.

Yang uniknya lagi, hampir di setiap WC umum di UK dan Eropa yang mengharuskan kita bayar, ga ada penjaganya lho. Jadi kita cuma masukin uang koin ke mesin, ntar mesinnya akan membuka pintu otomatis. Kalau ga punya uang receh gimana? Di depan WC umum biasanya disediakan mesin juga buat penukaran uang koin. Mantab kan?

Bayarnya pun harus pake uang pas karena mesin pintu otomatis itu ga akan ngembaliin sisa uangnya. Misalnya tarifnya 30 pence sekali masuk, terus kamu masukin koin 50 pence, maka ama mesin itu akan dianggap sebagai credit alias deposit buat orang di belakangnya. Aku pernah kebelet kencing di suatu taman dan di WC umum deket situ mengharuskan bayar 30 pence. Pas aku ngeliat di pintu masuk sudah ada deposit dari orang yang masuk duluan sebesar 20 pence, wah lumayan banget cuma tinggal nambah 10 pence aja. Jadi ngerasa seperti kencing di Indonesia, cuma bayar Rp2000, hehe.

Intinya sebenernya jangan ngeluh deh kalo misal kita harus bayar sekian rupiah buat masuk ke WC umum di Indonesia. Yang perlu dikeluhkan kalau udah bayar dan toiletnya jorok banget, ga terawat. Buat kamu yang punya usah toilet umum, maksud loh? Iya toilet umum itu usaha yang menurutku menguntungkan lho. Jadi buat kamu yang udah punya atau mau bikin usaha toilet umum di pasar-pasar, taman, atau di mana aja, usahakan selalu bersih dan wangi. Kita juga rela kok buat bayar Rp2000, asalkan toiletnya bersih dan terawat.

No comments:

Post a Comment