Friday 27 April 2012

Jawaban Asah Otak Inovator BlackXperience Fase 6

Masih Mikir nih...




Clue ini kita disuruh kembali ke jawaban level 4, hubungannya ama uang Rp50.000an lama. Siapakah tokoh yang ada di sana?

alat pencari barang hilang yang ditemukan pada BIA 2008



Wednesday 25 April 2012

Jawaban Asah Otak Inovator Fase 5

 Planet yang berotasi berlawanan arah dengan rotasi planet-planet lainnya, planet yang sering diidentikkan dengan kaum hawa


 hewan laut yang berenang di air, yaeyalah, maksudnya hewan laut pemangsa (logonya seaworld klo ga salah)



hubungannya ama inovasi alat pengaman helm supaya ga bisa dicuri (dibahas di salah satu artikel di blog ini)

klik dihint, nanti ada titik-titik yang merupakan chord gitar lagu yang judulnya ada di soal (coba ingat-ingat chord gitar apa itu) -- klo kamu ada webcam, cluenya: nanti kamu akan terlihat seperti ada di dalam kandang/kurungan

 siapa penemu bola lampu

jawaban ada di level 23 (coba cek lagi ya)

Inovasi Alat Pengaman Helm ala Blackxperience


KOMPAS.com – Black Innovation Award (BIA) 2011 telah mengumumkan 4 pemenang pilihan dewan juri dan 1 pemenang favorit berdasarkan voting di website www.blackxperience.com. Pengumuman pemenang dilakukan pada Malam Awarding Night BIA 2011 di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta, Jumat (24/9/2011) lalu.
Empat orang pemenang Outstanding Innovator BIA Award 2011 berdasarkan pilihan dewan juri adalah Gundu Stadium oleh Adityo, Piikey oleh Tri Andrianto Ibrahim, Stanporti oleh Tiko Prabhata, dan StaPack oleh Irvan Hermawan. Sedangkan pemenang favorit (favourite innovator) berdasarkan hasil voting adalah Lukni Burhanuddin Ahmad dengan inovasinya membuat My Turn.
Irvan Hermawan, perancang StaPack merupakan pemenang BIA 2008 yang rajin mengikuti event ini setiap tahun dan kembali memenangkan BIA tahun 2011. Lulusaan cum laude dari Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung ini menciptakan sebuah box makanan yang bisa digunakan oleh para pengusaha makanan. Ia terinspirasi dari rantang yang mampu membawa banyak kotak makanan dalam satu kali angkat. Konsep ini kemudian ia terapkan dengan mengolah limbah kertas duplek.
"Kalau untuk makanan basah dan berminyak, saya anjurkan menggunakan bahan ivory box, namun konsepnya sama," jelas karyawan Bukit Muria Jaya bagian offset dan printing packaging ini. Irvan mengaku biaya produksi Stapack kira-kira hanya Rp 1000 per box. "Kalau nantinya diproduksi massal, tentu harganya bisa lebih murah," tambahnya.
Yoris Sebastian, salah satu dewan juri saat ditemui Kompas.com juga memuji produk ini dan mengungkapkan bahwa StaPack bisa dikembangkan dan dipasarkan ke pengusaha-pengusaha makanan. "Terutama pengusaha lokal, masa ga mau dukung? Ini konsepnya sangat berguna karena mengurangi penggunaan plastik dan Styrofoam," jelasnya.
Pemenang lainnya adalah Adityo yang membuat Gundu Stadium bersama rekannya Christian Yulianto. Mahasiswa Teknologi Hasil Hutan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini membuat arena permainan berdimensi 2 x 2 meter yang menggunakan sistem modular dengan ukuran masing-masing 40 x 40 cm. Arena permainan ini berbahan dasar bambu yang dibuat menjadi papan dengan sistem portable yang memudahkan untuk memainkan dan menyimpannya.
"Saya terinspirasi karena melihat anak-anak bermain di gang-gang sempit, menghalangi jalan, jadi saya pikir bagaimana kalau membuat arena bermain yang bisa membuat mereka bermain di rumah," jelas Adityo. Gundu Stadium ini dibuat untuk mengakomodir perbedaan-perbedaan aturan bermain gundu pada setiap daerah. Ia berharap Gundu Stadium bisa menjadi standar permainan nasional yang dimainkan di daerah-daerah. Bahkan, jika sudah diproduksi masal, Gundu Stadium berpotensi Go Internasional.
Karya lainnya adalah Piikey yang dibuat oleh Tri Andrianto Ibrahim (kategori transportasi). Piikey merupakan alat pengaman helm yang memungkinkan helm terkunci di motor dengan posisi berdiri, sehingga tidak lagi menampung air hujan. Mahasiswa semester 3 dari jurusan Sistem Informasi Industri di Sekolah Tinggi Manajemen Industri, Kementrian Perindustrian RI ini terinspirasi karena pengalamannya sendiri.
"Helm saya suka basah karena menampung air hujan. Selama ini kan kalau kita naruh helm di motor, pasti posisinya terbalik, jadi kalau hujan, basah," kenanngnya. Untuk bahan dasar Piikey, Tri menggunakan logam plat dengan tebal 2 mili. Ia mengaku membutuhkan waktu 3 bulan untuk mengembangkan ide menjadi desain gambar. Ia melakukan berbagai riset sebelum akhirnya bisa menciptakan Piikey.
Pemenang BIA 2011 lainnya adalah Tiko Prabhata yang membuat Stanporti (kategori transportasi). Stanporti merupakan Bikestand Portable yang mudah dilepas dan dipasang kembali. Stanporti berfungsi sebagai standar samping untuk sepeda agar sepeda tidak terjatuh. "Saya sering lihat sepeda yang tidak ada standar sampingnya sehingga disenderkan di dinding. Resiko nya sepeda mudah terjatuh dan tergores," ujar Tiko. Mahasiswa semester 6 sebuah Perguruan Tinggi di Surabaya ini mengaku desain produknya masih butuh banyak pengembangan terutama pada detail-detail kecil agar Stanporti bisa diproduksi masal.
Sedangkan pemenang favorit BIA 2011 adalah Lukni Burhanuddin Ahmad dengan produk yang diberi nama My Turn. Konsep My Turn merupakan cara baru untuk memainkan ular tangga, monopoli, ludo dan sejenisnya yang merupakan permainan yang menggunakan dadu. Dadu yang biasa dijumpai dalam bentuk kubus dengan berbagai titik dari 1 sampai 6 di tiap sisi dadu, kini berubah menjadi board game yang didalamnya terdapat bola. Bola tersebut nantinya akan menempati salah satu dari enam lubang. Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Produk ini mencetak bahan polypolilena menjadi sebuah gurita besar pengganti dadu tersebut. Ia mengaku masih butuh riset lebih banyak untuk menentukan ukuran, bahan, dan teknik permainan, jika konsep produknya akan diproduksi masal.

Tuesday 24 April 2012

Jawaban Asah Otak Inovator BlackXperience Fase 4

lanjut lagi ke fase 4 (clue agak gamblang supaya bisa segera lanjut ke fase berikutnya ya)

Bendera negara yang warnanya biru, kuning, hijau

Perang yang terjadi antara tahun 1825 sampai 1830

Buah/sayur yang bisa menghantarkan listrik (penelitian)

Nama gunung tertinggi di indonesia (yang ada salju di puncak gunungnya)

kata "diganti" dari karyawan tersebut bisa dibolak-balik sehingga menjadi satu kata yang diucapkan si bos

siapa kamu? (nama akun kamu login)

Jawaban Asah Otak Inovator BlackXperience Fase 3

Nah sekarang lanjut ke fase 3 deh

Setahun ada berapa bulan

Wanita yang mendapat julukan "iron lady"


Nama patung di Borobudur yang ada di dalam stupa

Tokoh yang mengetik naskah teks proklamasi


Nama lain bianglala

Ganti simbol yang terdapat pada gambardengan angka yang ada di keyboard kamu

Friday 20 April 2012

Jawaban Asah Otak Inovator BlackXperience Fase 2

Lanjut clue dari Fase 2 ya:
karena ini sudah masuk ke fase 6 maka saya agak buka cluenya sejelas2nya ya

Negara tirai bambu

MOM klo dibaca terbalik

Judul lagunya Oma Titik Puspa yang hubungannya ama gambar di atas (hewan yang suka makan wortel)


Cerita rakyat dari tanah sunda yang menceritakan anak yang ingin menikahi ibunya sendiri


Jawabannya KLAPA


BTW itu singkatan nama bandara yang ada di Kalimantan (coba googling di yahoo deh)

Jawaban Asah Otak Inovator BlackXperience Fase 1

Ini dia clue dari Fase 1-nya:


kalo kamu nelpon bagian penerangan ke nomor itu


Sebutin aja angka 1-10


Nama kuda yang ada di Monas


cluenya adalah selembar uang "I gusti Ngurah rai"


dalam gedung itu ada lukisan karya leonardo da vinci


ketika mouse kamu dekatkan ke angka 8 itu akan muncul kode area telepon salah satu kabupaten di indonesia (baca nomornya secara terbalik ya)

Selamat kamu sudah menyelesaikan fase 1

Thursday 19 April 2012

Asah Otak Inovator BlackXperience

Ada yang pernah bermain paraampa? permainan apalagi tuh? Itu lho permainan mengasah otak, nah BlackXperience mengadopsi permainan itu sebagai kuis yang sedang ngetrend sekarang. cobain deh, seru kok, apalagi ada hadiahnya.

ATURAN MAIN:
1. Aplikasi dan semua informasi yang terdapat di dalamnya (termasuk partisipasi dalam kompetisi) ditujukan untuk Warga Negara Indonesia yang telah berumur minimal 18 tahun dan berdomisili di wilayah Indonesia pada saat mengikuti kompetisi ini. Dibuktikan dengan fotokopi identitas pengenal diri berupa: Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Peserta wajib mengisi data registrasi berupa sign in facebook dan mengisi nomor KTP sesuai dengan Kartu yang berlaku.

3. Panitia berhak menghapus keikutsertaan dari salah satu peserta, jika terdapat indikasi kecurangan di dalamnya tanpa ada pemberitahuan kepada peserta.

4. Permainan Asah Otak Inovator terbagi dalam 5 fase regular permainan dan 1 fase final.

5. Fase reguler sama dengan 7 hari yang terbagi dalam 6 pertanyaan yang akan muncul pada hari Senin setiap minggunya.

6. Fase final adalah fase terakhir yang dapat diikuti, jika peserta telah menyelesaikan 5 fase reguler.

7. Akan ada 3 pemenang final dengan hadiah Grand Prize (Juara 1, 2 dan 3) dan 3 pemenang setiap fase (Juara mingguan 1, 2 dan 3).

8. Pemenang tiap fase awal dipilih berdasarkan waktu tercepat menjawab satu fase.

9. Pemenang yang telah memenangkan 1 fase awal tidak dapat kembali menang sebagai juara fase awal lainnya, namun masih memiliki kesempatan untuk menjadi juara fase final dan mendapatkan hadiah Grand Prize. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi peserta lain untuk menjadi juara fase.

10. Pemenang fase final dipilih berdasarkan waktu tercepat penyelesaian fase final bukan akumulasi waktu penyelesaian 6 fase. Pemenang pertama adalah peserta yang berhasil menjawab terlebih dulu soal pertama di fase final. Begitu seterusnya untuk pemenang kedua dan ketiga.

11. Setiap pemenang harus lolos verifikasi atas kebenaran data diri oleh panitia penyelenggara.

12. Fase 1 – 5 akan berlangsung dari tanggal 19 Maret – 22 April 2012.

13. Fase final akan berlangsung dari tanggal 23 April – 29 April 2012.

14. Hadiah untuk pemenang adalah:
Hadiah juara fase:
a. Juara 1 Rp300.000 Juara 2 Rp200.000
Juara 3 Rp100.000
Grand Prize:
b. Juara 1 Rp2.500.000 Juara 2 Rp1.500.000
Juara 3 Rp500.000

15. Pemenang fase akan diumumkan di Facebook Fanpage Djarum Black dan account twitter @blackxperience saat fase selanjutnya dibuka.

16. Pemenang Grand Prize akan diumumkan di Facebook Fanpage Djarum Black dan account twitter @blackxperience pada tanggal 7 Mei 2012.

17. Kompetisi ini tertutup bagi semua karyawan, keluarga karyawan dan vendor tim Djarum dan Celsius Creative Communication.

18. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.